Cara Memperbaiki Sony Xperia Z2 (D6503) Bootloop

Cara Memperbaiki Sony Xperia Z2 (D6503) Bootloop

risnan.ID – Bootloop adalah masalah pada perangkat lunak Android (Software) yang ditunjukkan dengan tanda-tanda berupa kegagalan untuk masuk ke dalam sistem, ciri khasnya perangkat hanya menampilkan logo Android atau vendor secara berulang-ulang atau hanya mentok di Bootanimation.

Jika Ponsel Android kamu mengalami bootloop, kamu kemungkinan besar akan bisa memperbaiki sendiri tanpa harus ke counter handphone dan membayar ratusan ribu.

Bootloop sendiri ada tiga macam yang dibedakan atas tingkat kerusakannya. Ini berdasarkan pengalaman saya sendiri dan juga beberapa anggota dari Forum Ponsel Android.

#1 Light Bootloop

Atau Bootloop ringan. Biasanya Light Bootloop terjadi disaat yang tiba-tiba,misalnya saat kamu lagi main Social media atau Game. Tiba-tiba ponsel langsung mati sendiri dan terjebak di Bootanimation.

#1 Cara Mengatasi Light Bootloop

Untuk mengatasi Light Bootloop sangat mudah, kamu hanya perlu mencabut baterai smartphone kamu dan tunggu sekitar 10 detik, lalu pasang lagi dan hidupkan. Jika Xperia kamu baterai tidak bisa di lepas, kamu bisa menggunakan tombil reset yang ada di bagian samping dalam slot kartu sim.

#2 Medium Bootloop

Ini adalah Bootloop dalam kategori Sedang. Bootloop ini bisa terjadi karena kamu mengutak-ngatik Recovery Mode dan terjadi kegagalan.

#2 Cara Mengatasi Medium Bootloop

Jika kamu mengalam Medium Bootloop, kamu hanya perlu masuk lagi ke custom recovery Kemudian klik Wipe Data Factory Reset dan Wipe Data/Cache. (Di Xperia tidak ada Recovery bawaan, kamu hanya bisa melakukannya jika sudah memasang custom recovery seperti TWRP atau CWM.

Jika kedua cara diatas sudah kamu lakukan dan Ponsel kamu juga tidak bisa Booting (hidup) berarti bisa dipastikan bahwa Ponsel kamu terkena Hard Bootloop.

#3 Hard Bootloop

Hard Bootloop biasanya terjadi karena kegagalan install Custom ROM, install Theme, install Kernel, kesalahan pada file hasil DC RC dan bisa juga karena kamu salah menghapus file System. Intinya Hard Bootloop terjadi karena file utama dari System Ponsel kamu ada yang terhapus atau rusak.

#3 Cara mengatasi Hard Bootloop

Dari pengalaman saya cara untuk mengatasi Hard Bootloop ini adalah dengan memperbarui file system Ponsel android dengan yang baru. Dengan cara menginstal ulang Firmware / StockROM dari Ponsel tersebut. Untuk menginstal ulang Sony Xperia yang Bootloop bisa dengan menggunakan Flashtool.

Sebenarnya kamu juga bisa menggunakan Software PC Companion dan juga menginstal Custom ROM via custom recovery, tetapi karena banyak nya Sony Xperia versi Japan yang beredar di indonesia, rasanya akan sulit untuk mengatasi Bootloop menggunakan Custom Recovery karena kondisi Bootloader yang terkunci.

Karena akibat dari Bootloader yang terkunci kamu tidak akan bisa memasang yang namanya custom recovery.

Jadi, agar lebih mudah dan bisa diterapkan di semua Sony Xperia baik yang versi Global, AU, SoftBank dan Docomo, disini saya akan membagikan cara untuk mengatasi Hard Bootloop menggunakan Flashtool.

Pada artikel ini saya akan membagikan Cara Memperbaiki Sony Xperia Z2 (D6503) Bootloop dengan Flashing menggunakan Flashtool.

Bagi kamu yang ingin memperbaiki Sony Xperia Z2 (D6503) Bootloop menggunakan Flashtool, ada baik nya kamu baca dan pahami terlebih dahulu beberapa syarat dan ketentuan yang ada di bawah ini supaya tidak terjadi hal yang tidak di inginkan dan juga demi kelancaran proses Flashing nanti nya.

  • Saya tidak bertanggung jawab atas apa yang akan terjadi pada Smartphone kalian akibat mengikuti tutorial ini, segala resiko menjadi tanggung jawab kamu masing-masing.
  • Tutorial ini akan menghapus semua data yang ada di internal memori kalian. Jadi sebaiknya kalian lakukan backup terlebih dahulu.
  • Melakukan flashing dengan cara ini tidak akan menyebabkan garansi Smartphone kamu hilang atau tidak bisa di klaim.
  • Tidak perlu melakukan unlock bootloader (UBL).
  • Di anjurkan untuk mengisi daya / charge Sony Xperia Z2 (D6503) kamu hingga di atas 50-70%.
  • Siapkan juga Laptop/PC dan juga kabel data original atau bisa juga menggunakan kabel data dengan kualitas baik (bukan abal-abal).

Jika kamu sudah paham dengan syarat / ketentuan silahkan ikuti langkah-langkah di bawah untuk memperbaiki Sony Xperia Z2 (D6503) Bootloop dengan Flashing menggunakan Flashtool.

Langkah memperbaiki Sony Xperia Z2 (D6503) Bootloop

Langkah 1 – Download dan instal Flashtool untuk flashing Sony Xperia, kamu bisa mendownload dan juga langkah instal nya Disini.

Langkah 2 – Download Firmware untuk Sony Xperia Z2 (D6503) di bawah ini.

  • Download Firmware (Stock ROM) Sony Xperia Z2 (D6503) -> Download

Langkah 3 – Setelah Firmware Sony Xperia Z2 (D6503) nya kamu download. langsung saja kamu buat sebuah folder dengan nama yang sesuai dengan tipe Xperia kamu lalu kamu pindahkan Firmware Sony Xperia Z2 (D6503) ke dalam folder tersebut. (Disini saya kasih nama folder nya Xperia Z3+).

Langkah 4 – Selanjutnya buka dan jalankan aplikasi Flashtool, jika sudah klik tanda petir di pojok kanan.

Tutorial Flashing / Install Ulang Sony Xperia Semua Tipe

Langkah 5 – Lalu akan muncul tampilan seperti di bawah ini, pilih “Flashmode” lalu langsung kamu pilih Ok.

Tutorial Flashing / Install Ulang Sony Xperia Semua Tipe

Langkah 6 – Setelah kamu klik Ok maka akan muncul pilihan Firmware Selector, lalu klik tiga icon titik di pojok kiri Flashtool untuk men cari folder tempat kamu menyimpan firmware Sony Xperia Z2 (D6503) yang sudah kamu pindahkan tadi.

Tutorial Flashing / Install Ulang Sony Xperia Semua Tipe

Langkah 7 – Jika sudah ketemu langsung kamu klik Ok.

Tutorial Flashing / Install Ulang Sony Xperia Semua Tipe

Langkah 8 – Maka tampilan Firmware Selector nya akan berubah dan pada bagian yang saya tandai di bawah akan muncul tipe Xperia yang firmware nya kamu pilih.

Tutorial Flashing / Install Ulang Sony Xperia Semua Tipe

Langkah 9 – Lalu kamu klik di nama tipe Xperia tersebut hingga nama muncul nomor firmware nya, lihat gambar. Dan jangan lupa untuk men ceklis “USERDATA” atau bisa juga men ceklis semua yang ada di kolom wipe supaya benar-benar clean install.

Tutorial Flashing / Install Ulang Sony Xperia Semua Tipe

Langkah 10 – Selanjutnya langsung saja kamu klik tombol “Flash” (lihat gambar di atas) lalu tunggu hingga muncul pop up seperti di bawah ini.

Tutorial Flashing / Install Ulang Sony Xperia Semua Tipe

Langkah 11 – Jika pop up seperti di atas sudah muncul, langsung matikan Sony Xperia Z2 (D6503) kamu tunggu hingga benar-benar mati, lalu kamu sambungkan Sony Xperia Z2 (D6503) ke PC/Laptop sambil menekan tombol “Volume down/bawah” sampai muncul lampu led notifikasi bewarna hijau. (jika lampu nya sudah hijau langsung lepas tombol volume nya).

Langkah 12 – LED bewarna hijau menandakan proses flashing segera di mulai, lama nya proses flashing tergantung dari ukuran firmware dan spek laptop kamu, jadi kamu tunggu saja (biasanya skitar 15 sampai 30 menit).

Langkah 13 – Tanda proses flashing sedang berjalan adalah muncul nya bar warna hijau di tampilan Flashtool, Jika muncul pop up yang meminta perizinan silahkan kamu pilih “Yes” lalu kamu tunggu hingga bar hijau tersebut penuh (tanda nya proses flashing sudah selesai). Dan juga terdapat pemberitahuan “Flashing Finished” di Flashtool.

Langkah 14 – Jika proses flashing nya sudah selesai. Cabut Sony Xperia Z2 (D6503) kamu dari Laptop/PC lalu segera saja kamu hidupkan.

Jika masih kurang paham saat Flashing Firmware melalui Flashtool, kamu bisa melihat video dibawah ini.

Video Tutorial: Cara Flash Firmware (Stock ROM) Xperia menggunakan Flashtool

Demikianlah Tutorial Cara Memperbaiki Sony Xperia Z2 (D6503) Bootloop dengan Flashing menggunakan Flashtool. Jika kamu masih kurang paham dengan apa yang sudah saya tulis di atas silahkan beritahu saya melalui kolom komentar yang ada di bawah ini.

Terimakasih sudah berkunjung, selamat mencoba, semoga bermanfaat dan sampai jumpa!.


Leave a Comment